Cara Efektif Mengatasi Keputihan Tidak Normal Pada Wanita

Mengatasi Keputihan Tidak Normal Pada Wanita
Keputihan adalah momok yang sangat menakutkan bagi seorang wanita, terlebih jika Anda sudah menikah. Karna keputihan bisa menyebabkan tidak harmonisnya hubungan rumah tangga. Selain itu, keputihan juga memberikan efek yang sangat tidak nyaman, gatal dan juga mempunyai aroma bau yang tidak enak. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mengatasi keputihan pada wanita, ada baiknya kita mengetahui lebih dalam tentang keputihan pada wanita.

Keputihan pada wanita mempunyai dua jenis, yang pertama Keputihan Patologis dan yang kedua Keputihan Fisiologis.

Keputihan Patologis
Keputihan Patologis adalah jenis keputihan yang tidak normal dan tentunya harus di waspadai. Keputihan jenis ini adalah salah satu sinyal adanya penyakit pada organ kewanitaan atau bisa juga pada area rahim. Jika keputihan jenis ini terjadi pada ibu yang sedang mengandung, resikonya cukup berat yaitu dapat menjadi gangguan kesehatan pada bayi. Maka dari itu, jika mengalami keputihan patologis, hendaknya segera di atasi dengan cara alami. Berikut ini adalah ciri-ciri Keputihan Patologis
  • Cairan keputihannya kental
  • Cairan keputihannya lengket
  • Seringkali ditemukan dengan warna putih susu, kehijauan, kuning dan juga keabu-abuan
  • Menimbulkan aroma yang tidak sedap
  • Menimbulkan rasa gatal pada bagian intim
  • Mengeluarkan cairan keputihan dengan jumlah yang cukup banyak dan juga meninggalkan bekas pada pakian dalam

    Jika mengalami ciri-ciri keputihan patologis tersebut, segera konsultasi atau periksa ke dokter atau bisa juga ke bidan yang terpercaya.

    Keputihan Fisiologis
    Keputihan jenis ini adalah keputihan yang sering terjadi pada wanita dan tidak perlu di khawatirkan, karna keputihan jenis ini adalah keputiha yang normal dan biasanya terjadi pada wanita setelah mengalami menstruasi atau haid. Berikut ini adalah ci-ciri Keputihan Fisiologis:
    • Cairan yang di keluarkan encer
    • Cairan yang di keluarkan tidak lengket
    • Cairan yang di keluarkan berwarna bening atau transparan
    • Tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap
    • Cairan yang di keluarkan jumlahnya sedikit

      Jika mengalami keputihan fisiologis tersbut, Anda tidak perlu panik. Karna keputihan tersebut merupakan hal yang normal yang terjadi di setiap bulan setelah menstruasi. Jika memang Anda merasakan tidak nyaman, Anda bisa mengatasi keputihan dengan cara alami, jangan menggunakan produk kesehatan daerah intim yang mengandung bahan kimia. Karna justru itu akan membuat keadaan menjadi buruk.

      Ciri-Ciri Keputihan Lainnya

      Berikut ini adalah ciri-ciri keputihan lainnya yang tidak wajar dan harus Anda waspadai:

      Penyebab keputihan karna infeksi jamur (kandidosis vulvovaginalis)
      Ciri-ciri keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur biasanya ditandai dengan keluarnya cairan keputiha yang menyerupai gumpalan-gumpalan kecil, menimbulkan rasa gatal yang berlebihan, panas dan juga terasa nyeri saat berhubungan intim.

      Penyebab keputihan yang disebabkan oleh infeksi parasit (Trikomoniasis)
      Ciri-ciri keputihan karna infeksi parasit ditandai dengan keluarnya cairan keputihan yang berwarna kuning kehijauan, mempunyai bentuk kental, berbau dan juga berbusa. Keluhan yang sering dialami yaitu adanya rasa nyeri pada saat berhubungan intim, pendarahan pada saat berhubungan intim dan juga pendarahan diluar menstruasi atau haid.

      Pertanda Penyakit Kanker
      Ciri-ciri keputihan yang menjadi pertanda kanker yaitu ditandai dengan cairan keputihan yang berwarna kecoklatan, terdapat bercak bekas darah dan juga berbau busuk yang menyengat. Keputihan jenis ini dapat berlangsung dengan waktu yang cukup lama dan biasanya tidak respon dengan pengobatan apapun.

      Keputihan biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah penyebab keputihan tidak normal pada wanita:

      Daerah kewanitaan yang terlalu lembab
      Penyebab keputihan pada wanita bisa disebabkan oleh jamur, dan biasanya terjadi saat daerah intim sedang lembab. Kelembaban yang terjadi pada daerah intim biasanya di karnakan oleh udara yang masuk sangatlah dikit sehingga daerah tersebut mengeluarkan keringat. Penggunaan pakaian harus sangat di perhatikan jika Anda tidak ingin mengalami keputihan seperti jangan menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat dan jangan menggunakan pakaian dalam dengan bahan sintetis.

      Efek samping dari obat yang di konsumsi
      Penyebab keputihan bisa dikarnakan oleh obat yang sedang di konsumsi untuk proses pengobatan suatu penyakit yang ber efeksamping keputihan.

      Penggunaan Pembalut
      Penggunaan pembalut pada saat menstruasi atau haid juga dapat menjadi penyebab keputihan. Terutama jika tidak mengganti atau telat mengganti pembalut yang sedang di gunakan sehingga bakteri yang keluar bersama menstruasi dapat menyebar dan menyebabkan keputihan.

      Stress
      Stress juga bisa menjadi penyebab keputihan lainnya. Tidak hanya menyebabkan keputihan, stress juga bisa mengganggu organ tubuh lainnya.

      Jika Anda sudah mengetahui jenis dan ciri-ciri keputihan, sekarang tinggal membahas tentang bagaimana cara mengatasi keputihan yang tidak normal pada wanita.

      Cara Mengatasi Keputihan

      Keputihan tidak normal pada wanita bisa diatasi dengan bahan alami secara cepat dan aman, kenapa cara mengatasi keputihan dengan bahan alami ? karna bahan alami adalah bahan yang cukup aman dan tidak mengakibatkan efek samping negatif. Selain itu, bahan alami juga bisa Anda temukan dengan mudah. Berikut ini adalah cara mengatasi keputihan tidak normal pada wanita dengan cepat :

      Kunyit
      Kunyit dapat membantu mengatasi penyebab keputihan tidak normal. Cara mengatasi keputihan dengan kunyit cukup mudah, Anda hanya perlu meminum air kunyit setiap hari untuk mengatasi keputihan.

      Bawang Putih
      Manfaat bawang putih untuk mengatasi keputihan sama dengan kunyit. Bawang putih mampu mengatasi penyebaran bakteri pada bagian intim yang menjadi penyebab keputihan tidak normal pada wanita. Cara mengatasi keputihan dengan bawang putih yaitu dengan mengkonsumsi bawang putih secara langsung.

      Daun Sirih
      Banyak produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan bahan dasar daun sirih, dan hasilnya cukup memusakan. Tak heran jika daun sirih dapat menjadi salah satu bahan dasar cara mengatasi keputihan dengan cepat dan alami. Cara menggunakannya yaitu dengan merebuh beberapa helai daun sirih dan minum air rebusan tersebut. Anda juga bisa membersihkan daerah intim dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk mengatasi keputihan tidak normal.

      Biji Ketumbar
      Selain biasa digunakan untuk pelengkap suatu bumbu masakan, biji ketumbar juga bisa dijadikan cara mengatasi keputihan tidak normal dengan cepat. Caranya juga cukup muda, Anda hanya perlu merebus biji ketumbar dengan air bersih lalu meminum air rebusan tersebut untuk mengobati keputihan.

      Lidah Buaya
      Tanaman yang satu ini memang mempunyai sangat banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selain dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok, lidah buaya juga bisa menjadi bahan alami mengatasi keputihan tidak normal. Cara menggunakannya yaitu dengan mengkonsumsi lidah buaya yang sudah menjadi olahan makanan setiap hari hingga keputihan tidak normal menjadi normal kembali. Lidah buaya juga bermanfaat untuk mencegah datangnya keputihan tidak normal.

      Itulah cara mengatasi keputihan tidak normal pada wanita secara alami yang bisa Anda terapkan sendiri dirumah dan tentunya tidak memakan banyak biaya. Selain cara tersebut ada lagi cara mengatasi keputihan pada wanita secara cepat dan praktis, berikut ini adalah caranya:

      Cara Lain Mengatasi Keputihan

      Menggunakan Pembalut Secara Benar
      Cara mengatasi keputihan pada wanita dengan cepat dan praktis adalah dengan menggunakan pembalut secara benar. Banyak sekali wanita yang asal dalam menggunakan pembalut seperti tidak mengganti pembalut yang dipakai dalam waktu yang cukup lama, lupa mengganti pembalut dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan pembalut secara benar, itu akan mengurangi resiko mengalami keputihan pada wanita.

      Mengatur Pola Hidup Sehat
      Cara mengatasi keputihan pada wanita dengan cepat dan praktis yaitu dengan penerapan pola hidup sehat. Hal ini bukan saja dapat mengatasi keputihan, bahkan dapat menghindari dari penyakit berbahaya lainnya.

      Olahraga Dengan Teratur
      Dengan berolahraga secara teratur, tubuh menjadi sehat dan bugar. Dengan olah raga tubuh akan menjadi kuat dan terhindar dari penyakit berbahaya seperti keputihan tidak normal pada wanita.

      0 Response to "Cara Efektif Mengatasi Keputihan Tidak Normal Pada Wanita"

      Post a Comment