Penyebab Rambut Rontok Yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Umum Dari Rambut Rontok
Rambut rontok dapat menjadi sangat sulit untuk di atasi, khususnya di kalangan perempuan. Namun, jika penyebab umum penyakit ini sudah dipahami, maka mereka akan dapat mengantisipasi tindakan untuk mencegah atau mengurangi rambut rontok berlebihan.

Penyebab rambut rontok berlebihan yang terjadi pada wanita bisa dari hormonal dari genetik. Perubahan kadar hormon seperti yang terjadi dengan menopause, kehamilan, penyakit tiroid, atau penggunaan pil KB dan terapi penggantian hormon dapat menyebabkan rambut rontok sementara.

Ketika hormon tertentu seperti estrogen atau testosteron, terjadi lebih cepat atau sebaliknya menyusut, maka perubahan tubuh tersebut dapat menyebabkan rambut rontok. Misalnya, setelah hormon wanita melahirkan lalu ke fase istirahat, pada saat yang sama tubuh kembali ke keadaan sebelum kelahirannya. Selama periode ini, biasanya antara tiga dan enam bulan setelah kelahiran, wanita mungkin melihat peningkatan rambut rontok normal. Untungnya, kerontokan ini adalah sementara dan cenderung berkurang sekitar 12 bulan.

Mengapa rambut rontok dapat terjadi dengan cepat?

Jika perubahan hormonal bukan penyebab dari rambut rontok, mungkin masalahnya disebabkan oleh teknik yang tidak memadai dalam merawat rambut, stres, penyakit, dan pola makan yang buruk atau kondisi turun-temurun.

Seperti kebanyakan wanita menghabiskan banyak waktu mempercantik rambut, dan perawatan tersebut bisa menjadi penyebab rambut rontok. Pewarna permanen juga dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. Begitu juga dengan styling tajam, sampo atau penggunaan aksesoris dan gaya rambut seperti kuncir ekor kuda yang kuat atau biasa di sebut kepang.
Stres dan infeksi juga dapat menyebabkan rambut rontok. Stres dapat meningkatkan jumlah hormon yang beredar dalam sistem darah dan juga dapat menyebabkan masalah di sektor tubuh lainnya yang yang berfungsi untuk pertumbuhan rambut. Sedangkan Infeksi dapat mengganggu kerja normal tubuh dan menyebabkan masalah dalam pertumbuhan rambut.

Penyebab lain rambut rontok pada wanita adalah pola makan yang buruk. Perempuan yang mengikuti diet ketat dan menurunkan berat badan terlalu cepat dapat mengalami kerontokan rambut sementara, hal tersebut juga di alami oleh wanita yang tidak mengkonsumsi cukup protein, seng, asam lemak atau vitamin diet.

Dan pada akhirnya, wanita mungkin mengalami rambut rontok karena alasan yang sama dengan laki-laki. Kebotakan perempuan adalah hasil dari reaksi tubuh terhadap penyakit testosteron diwariskan. Ketika ini diubah menjadi dihidrotestosteron (DHT), serangan folikel rambut dan akan menyebabkan kebotakan.

Mengatasi penyebab umum rambut rontok

Karena sebagian besar penyebab rambut rontok bersifat sementara, ada tindakan yang dapat menghilangkan kondisi tersebut. Lakukanlah gaya hidup sehat untuk memastikan bahwa tubuh menerima cukup nutrisi yang dibutuhkan untuk mempromosikan kekuatan pertumbuhan rambut yang optimal. Melakukan olahraga, olahraga dapat memberikan transmisi nutrisi yang tepat untuk folikel rambut dan mengurangi efek stres pada tubuh.

Wanita juga dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh penanganan yang tidak tepat dari rambut. Jika Anda menggunakan bahan kimia untuk mewarnai rambut, segeralah meninggalkan cara tersebut sebelum sebelum rambut Anda mengalami kerusakan permanen. Anda juga dapat beralih ke sampo ringan, teknik perawatan lembut dan menghindari gaya rambut yang kuat.

Meskipun Anda tidak bisa menghilangkan penyakit, baik dengan perubahan hormon atau genetik, Anda dapat mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk melindungi rambut.Ketika Anda sakit, tanyakan kepada dokter Anda bagaimana untuk menghindari rambut rontok. Jika Anda sedang hamil, akan melalui menopause atau mengalami perubahan hormonal lainnya, bersikap lembut dengan rambut Anda, gunakan sampo yang diformulasikan untuk memperkuat, makan makanan yang kaya kedelai untuk melindungi kesehatan hormonal.

Penyebab rambut rontok pada wanita banyak, tetapi biasanya bersifat sementara dan mudah dikontrol serta dipahami.

0 Response to "Penyebab Rambut Rontok Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment